20 Tips Memilih Opel Blazer yang Sehat

Cara memilih membeli mobil Opel Blazer yang sehat minim PR sangat mudah.

Perhatikan saja indikator yang ada pada dashboard mobil blazer. Indikator pada mobil ini terbilang lengkap pada zamannya.

dashboard opel blazer

Hal yang perlu diperhatikan ketika akan membeli mobil Opel Blazer:

rpm ople blazer1. Setelah 15 detik perhatikan RPM mobil. Blazer yang sehat, jarum RPM saat idle berada pada posisi 900 RPM / tidak sampai 1000 RPM.

2. Pada saat mobil pertama kali distarter, lihat lampu indikator yang ada di dashboard. Blazer yang sehat, seluruh lampu indikator tidak menyala, alias aman kecuali lampu indikator handbrake.
3. Tekanan oli yang baik pada saat mesin idle adalah minimal 250 kpa.

4. Suhu mobil pada saat idle perlu diperhatikan. Usahakan perhatikan indikator suhu naik perlahan berada maximal 80 derajat celcius pada kondisi idle.
5. Perhatikan besaran tegangan AKI pada indikator dashboard. Aki yang baik, ditandai jarum aki ada pada posisi 14 Volt pada saat idle.
6. Pada saat starter awal, mobil dalam kondisi prima adalah mobil yang di starter langsung nyala. Hindarilah mobil yang berulang kali distarter baru nyala.

mesin opel blazer7. Rasakan suara mesin yang halus, tidak begitu kasar atau keras masuk kedalam kabin mobil Blazer. Mobil Blazer yang sehat, suara yang masuk dalam kondisi idle adalah suara fan / kipas angin yang berada pada ruang mesin.
8. Letakkan telapak tangan pada kisi-kisi AC. AC yang baik akan terasa dingin di telapak tangan, meskipun pada saat suhu lingkungan sekitar sedang panas, meskipun mobi baru dalam keadaan dihidupkan.

9. Rasakan aroma dalam kabin. Apakah terasa atau tercium bau bahan bakar bensin atau tidak. Pastikan tidak ada bau aroma bensin dalam kabin mobil.
10. Beranjak ke luar mobil. Perhatikan knalpot, apakah asap putih ngebul atau tidak. Mobil yang baik, tidak mengeluarkan asap putih apalagi pekat.
11. Bukalah kap mesin pada saat mesin masih hidup. Perhatikan mesin utama, apakah bergunjang keras atau tidak. Mesin yang tidak berguncang menandakan karet engine mounting masih dalam keadaan baik.

12. Amati kipas angin pada ruang mesin. Ada dua fan. 1 kipas untuk AC dan 1 lagi untuk mesin. Pada saat ini kipas mobil hanya 1 yang hidup, karena AC telah dihidupkan dari tadi. Pantau indikator suhu pada dashboar mobil. Bila suhu telah mencapai 100 derajat celcius, lihat kipas fan pada ruang mesin. Pada saat ini kondisi kipas harus nyala kedua duanya. Bila tidak, berarti thermostat rusak.

perawatan opel blazer13. Amati lantai kolong mobil. Pastikan hanya air AC yang menetes di lantai. Tidak ada oli yang menetes dan tidak ada air radiator yang menetes juga.
14. Bawalah mobil berkeliling. Apakah ada bunyi “gluduk gluduk” atau tidak. Bila tidak ada bunyi, berarti kondisi kaki kaki mobil dalam keadaan baik.
15. Apakah mobil terasa pincang atau bergetar hebat pada ruang mesin? Jikalau iya, mobil harus turun mesin. Tentu ini membutuhkan biaya lumayan besar utk service.

16. Hal-hal kecil lainnya juga perlu diperhatikan yakni kondisi ban, gundul atau tidak.
17. Power window, central lock, berfungsi atau tidak.
18. Pajak dalam kondisi mati atau hidup.
19. Warna cat mobil kusam atau biasa.
20. Banyak goresan, penyot disekujur body blazer atau tidak.

Nah semakin banyak poin diatas yang tidak didapatkan, semakin layak dan berhak anda untuk menawar dengan harga yang lebih rendah. Untuk poin nomor 1 sampai 4 dan 10 mutlak harus terpenuhi.
Selamat berburu mobil impian. Blazer, mobil masa lalu bermanfaat masa mendatang.

perjalanan panjang bersama opel blazer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *