Tips Menghemat BBM Blazer

Ini adalah tips menghemat BBM Blazer dari segi driving style. Di forum otomotif lebih sering menggunakan kata – kata “kaki nya udah di sekolahin”.
Ini kulakukan karena semakin lama semakin memahami karakter asli dari Opel Blazer itu sendiri. Berikut cara sederhananya menghemat BBM Blazer :

1. Disaat memulai mengendarai Blazer, pada pergerakan awal, kendarailah Blazer anda se smoth selembut dan senatural mungkin. Biarkan jarum RPM yang ada di dashboard mobil anda bergerak secara perlahan menuju angka 2500 RPM. Tidak ada gunanya anda bermanufer di awal waktu dengan menggenjot menis anda di RPM yang tinggi. Ingat ini Blazer, bukan BMW. 🙂

2. Pabila jarum RPM mobil anda telah menyentuh angka 2500 RPM, beralihkan memindahkan tuas poseneling mobil anda ke gigi 2. Dengan batasan RPM 2500 membuat suara engine mobil anda halus dan suaranya tidak sampai ke dalam kabin mobil anda. Serta dengan batasan RPM 2.500 anda tidak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam yang nantinya berpengaruh besar terhadap jumlah BBM yang disemburkan dari nozle injector mobil anda.

3. Apabila anda akan berbelok arah, ataupun akan berhenti pada lampu merah (trafic light), usahakan jauh sebelumnya anda telah melepaskan pedal gas anda tanpa menginjak pedal rem mobil anda. sekain minim anda menginjak pedal rem, semakin sedikit tenaga mobil yang terbuang dengan percuma.

4. Disaat melalui jalan mendaki, pada saat itu mobil anda kekurangan momentum untuk melaju dari awal untuk melewati tanjakan. Jangan terlalu lama dan memaksa engine anda pada gigi 1 dan jangan juga terlalu dini untuk beralih ke gigi 3. Gigi 2 adalah posisi poseneling yang paling ideal pada mobil blazer anda ketika melewati tanjakan. Teknik ini akan semakin berguna bila Blazer anda memiliki tipe SOHC. Terlalu lama di gigi 1 menghabiskan banyak BBM namun kecepatan tidak bertambah secara maksimal. Terlalu cepat menggunakan gigi 3, Blazer anda akan mengalami gejala drop down tenaga, karena torque pada Blazer SOHC tidak lah terlalu melimpah.

Apabila anda telah terbiasa dengan 4 tips cara menghemat BBM mobil Blazer seperti diatas, dijamin akan menambah minimal 1 kilo meter dari jarak tempuh biasanya dalam setiap pemakaian 1 liter BBM yang anda gunakan. Misal, biasanya Fuel Consumtion Ratio dalam kota Blazer SOHC 1 : 7,9 setelah menerapkan tips hemat BBM ini, bisa menjadi 1 : 9. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *